Home
Home Selayang Pandang Tupoksi

Tugas Pokok dan Fungsi

PDFCetakSurel

TUGAS POKOK, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS INSPEKTORAT

1. Inspektorat mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan kabupaten, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelaksanaan urusan pemerintahan desa
2. Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), Inspektorat mempunyai fungsi sebagai berikut :
a. perencanaan program pengawasan sesuai dengan kebijakan Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
b. perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan;
c. perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembangunan;
d. perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembinaan masyarakat;
e. pembinaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah kabupaten;
f. pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintah kabupaten;
g. pelaksanaan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan;
h. pelaksanaan review laporan keuangan dan evaluasi kinerja pemerintah daerah; dan
i. pengelolaan kegiatan kesekretariatan.
3 Untuk menjabarkan tugas pokok dan fungsi pada ayat (1), Inspektorat mempunyai uraian tugas sebagai berikut :


a. merencanakan dan menetapkan program pengawasan sesuai dengan keijakan yang ditetapkan oleh Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
b. merumuskan kebijakan dan memfasilitasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan;
c. merumuskan kebijakan dan memfasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembangunan;
d. merumuskan kebijakan dan memfasilitasi pengawasan penyelenggaraan pembinaan masyarakat;
e. melaksanakan pembinaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah kabupaten;
f. melaksanakan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintah kabupaten;
g. melaksanakan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan;
h. melaksanakan reviu laporan keuangan dan evaaluasi kinerja pemerintah kabupaten;
i. mengendalikan pengelolaan kegiatan kesekretariatan; dan
j. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya.

Unsur-unsur organisasi Inspektorat terdiri dari:

a. Sekretariat;

b. Inspektur Pembantu Wilayah I;

c. Inspektur Pembantu Wilayah II;

d. Inspektur Pembantu Wilayah III;

e. Inspektur Pembantu Wilayah IV;

f. Auditor, P2UPD; dan

g. Kelompok Jabatan Fungsional.

SEKRETARIAT
1. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan pembinaan administrasi yang meliputi pembinaan penyusunan program dan rencana kerja badan, keuangan, umum dan kepegawaian, keprotokolan, evaluasi, dokumentasi dan pelaporan serta memberikan pelayanan teknis administratif kepada semua unsur organisasi.
2. Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut :

a. pengumpulan dan pengelolaan data serta penyusunan program kerja dan rencana kegiatan;

b. pengelolaan urusan keuangan;

c. pengelolaan urusan kepegawaian;

d. pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;

e. pengelolaan surat menyurat, kehumasan dan protokol; dan

f. pengelolaan kegiatan evaluasi, dokumentasi dan pelaporan.

3. Untuk menjabarkan tugas pokok dan fungsi dimaksud ayat (1) dan (2), Sekretariat mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. menyusun program, mengatur dan mengawasi pelaksanaan penyusunan AKU, RKA, DPA, belanja tidak langsung dan belanja langsung, evaluasi program penyusunan Renstra, Lakip dan laporan;
b. menyusun program, mengatur dan mengawasi pelaksanaan anggaran, pembayaran, pembukuan dan pertanggung jawaban keuangan;
c. menyusun program, mengatur dan mengawasi pelaksanaan urusan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, perlengkapan, keprotokolan, perjalanan dinas dan kehumasan;
d. menyusun program, mengatur dan mengawasi pelaksanaan urusan pengumpulan dan pengolahan data pegawai, administrasi pegawai dan pembinaan ketatalaksanaan; dan
e. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.

Sekretariat terdiri dari :

a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

b. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan; dan

c. Sub Bagian Evaluasi, Dokumentasi dan Pelaporan.

1 Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pengelolaan urusan surat menyurat, penggandaan, rumah tangga dan perlengkapan, keprotokolan dan kehumasan serta menyelenggarakan kegiatan pengelolaan urusan kepegawaian.
2 Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. menyusun rencana kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas dan kerja tahunan;
b. melaksanakan kegiatan surat menyurat, pengetikan dan penggandaan;
c. menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit dan Rencana Tahunan Barang Unit (RKBU dan RTBU);
d. melaksanaan urusan pengadaan dan urusan rumah tangga yang berkenaan dengan penyediaan sarana alat kantor dan keperluan kantor;
e. melaksanakan penataan administrasi pendistribusian sarana alat kantor dan keperluan alat kantor terhadap unsur-unsur organisasi unit;
f. menyiapkan bahan dan melaksanakan inventarisasi, pemeliharaan, penghapusan barang / aset unit;
g. melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas, akomodasi tamu, humas dan keprotokolan;
h. melaksanakan penataan administrasi kepegawaian yang meliputi bazetting, formasi, DUK, data pegawai dan rekapitulasi absensi pegawai;
i. menghimpun bahan usulan mutasi kepegawaian meliputi pengusulan, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, pemberhentian dan pensiun;
j. menghimpun data pelaksanaan Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P); dan
k. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.
1 Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi dan penyusunan serta pengendalian rencana/program kerja pengawasan, menghimpun dan menyiapkan rancangan peraturan perundang-undangan, dokumentasi dan pengolahan data pengawasan serta menyelenggarakan kegiatan pengelolaan keuangan satuan kerja.
2. Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai Uraian tugas sebagai berikut :
a. menyiapkan bahan koordinasi dan menyiapkan rencana/program kerja pengawasan dan fasilitasi;
b. menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan anggaran inspektorat;
c. menyiapkan bahan laporan dan statistik kegiatan inspektorat;
d. menyiapkan bahan koordinasi dan menyiapkan peraturan perundang-undangan;
e. menyiapkan bahan dokumentasi dan pengolahan data pengawasan;
f. menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan pengumpulan, pengelolaan, analisa dan penyajian data;
g. menghimpun, menyiapkan bahan dan menyusun rencana strategis serta laporan akuntabilitas satuan kerja;
h. menyusun rencana anggaran bulanan/triwulan satuan kerja;
i. menghimpun, menyiapkan bahan dan menyusun rencana kerja dan anggaran (RKA) sebagai bahan rapat koordinasi pembangunan (Rakorbang) dan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN);
j. menghimpun, menyiapkan bahan dan menyusun rencana anggaran tidak langsung satuan kerja;
k. menyiapkan bahan dan mengelola administrasi pembayaran belanja satuan kerja;
l. melakukan pengelolaan pembayaran gaji pegawai dan keperluan/kebutuhan kantor;
m. menyiapkan bahan dan membuat pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran;
n. melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan data keuangan sebagai bahan perhitungan anggaran;
o. menyiapkan dan menyusun laporan keuangan dan memelihara pengarsipan administrasi keuangan; dan
p. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.
1. Sub Bagian Evaluasi, Dokumentasi dan Pelaporan mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan, menghimpun, mengolah, menilai dan menyimpan laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional dan melakukan administrasi pengaduan masyarakat serta menyusun laporan kegiatan pengawasan.
2. Untuk menjabarkan tugas pokok sebagaimana tersebut pada ayat (1), sub bagian evaluasi dan pelaporan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. menyiapkan bahan koordinasi dan petunjuk teknis penyusunan rencana evaluasi dan pelaporan pengembangan kinerja pada inspektorat;
b. menyiapkan bahan dan melaksanakan inventarisasi hasil pengawasan dan tindaklanjut hasil pengawasan;
c. menyiapkan bahan dan melaksanakan pengadministrasian laporan hasil pengawasan;
d. menyiapkan bahan dan melaksanakan evaluasi laporan hasil pengawasan;
e. menghimpun, menyiapkan bahan penyusunan statistik hasil pengawasan;
f. mengevaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) SKPD;
g. melaksanakan kerjasama pengawasan dengan unit kerja/instansi terkait lainnya;
h. menghimpun dan menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan evaluasi kegiatan inspektorat;
i. menghimpun dan menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan dokumentasi kegiatan inspektorat;
j. menghimpun dan menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan pelaporan kegiatan inspektorat;
k. menyiapkan bahan evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas serta rekap hasil evaluasi kegiatan;
l. melaksanakan pendokumentasian hasil laporan kegiatan inspektorat;
m. melaksanakan pendistribusian laporan kegiatan inspektorat secara periodik; dan
n. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.
INSPEKTUR PEMBANTU
1. Inspektur Pembantu mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, koordinasi, pengendalian dan evaluasi pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan.
2. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut pada ayat (1), Inspektur Pembantu memiliki fungsi sebagai berikut :
a. Perumusan dan pengusulan program pengawasan di wilayah kerjanya;
b. Perumusan program pembinaan, pengoordinasian, pengaturan, pengendalian dan evaluasi pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah;
c. Perumusan program pembinaan, pengoordinasian, pengaturan, pengendalian dan evaluasi pengawasan atas penyelenggaraan pembangunan daerah;
d. Perumusan program pembinaan, pengoordinasian, pengaturan, pengendalian dan evaluasi pengawasan atas pembinaan dan pelayanan masyarakat; dan
e. Perumusan program pembinaan, pengoordinasian, pengaturan, pengendalian dan evaluasi kegiatan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan.
3. Untuk menjabarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana tersebut pada ayat (1), Inspektur Pembantu mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi penyusunan dan pengusulan program pengawasan tahunan di wilayah kerjanya;
b. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi penyiapan dan pembuatan PKP pelaksanaan pemeriksaan;
c. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah;
d. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan masyarakat;
e. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan pembangunan daerah;
f. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah;
g. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan pemeriksaan, pengusutan dan pengujian;
h. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penilaian hasil-hasil pengawasan;
i. Merumuskan program, membina, mengoordinasikan, mengatur, mengendalikan dan mengevaluasi penyusunan laporan hasil pemeriksaan; dan
j. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Inspektur Pembantu terdiri dari :

a. Inspektur Pembantu Wilayah I ;

b. Inspektur Pembantu Wilayah II ;

c. Inspektur Pembantu Wilayah III; dan

d. Inspektur Pembantu wilayah IV.

Wilayah kerja masing-masing inspektur pembantu ditetapkan kemudian oleh inspektur.

Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas SKPD sesuai dengan keahlian dan fungsinya.

1.

Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 terdiri dari :

a. Auditor; dan

b. P2UPD.

2. Auditor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a mempunyai tugas melakukan reviu , audit keuangan dan aset dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan di daerah.
3. P2UPD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b mempunyai tugas pengawasan atas penyelenggaraan teknis urusan pemerintahan daerah diluar pengawasan keuangan.